Cara Mudah Menciptakan Formulir Registrasi Online Di Google Docs
Sekarang anda mampu membagikan formulir registrasi dan diisi oleh para akseptor secara online dengan segera dan mudah. Untuk mampu mirip ini kita mampu memakai yang namanya Google Docs, simak tutorialnya berikut ini.
Untuk membuat formulir secara online ini caranya sama dengan panduan “Cara Membuat Kuesioner Online” ialah:
Cara Design Formulir Online
- Syarat pertama ialah anda harus memiliki akun email GMail, Jika belum mempunyai silahkan buat di GMail.com.
- Jika telah silahkan buka situs drive.google.com. Pilih Go to Google Drive dan Login dengan memakai akun GMail anda.
- Nantinya data formulir akan tersimpan disitu secara online dan otomatis. Pilih sajian NEW -> MORE -> Google Forms.
- Beri Judul dan Deskripsi Formulir.
- Selanjutnya Buat Data Wajib adalah Nama, Gender, Usia, No HP atau Email. Caranya yakni:
- Isi Untitled Question dengan NAMA LENGKAP. Lalu tipe Jawaban saya pilih Short Answer. kemudian aku aktifkan tombol Required, artinya Wajib Diisi!.
- Pilih Tombol Add question untuk menciptakan daftar isian gres. Gender, buat Tipe balasan Multiple Choise Pria/Wanita.
- Buat Juga untuk NO Handphone. Nanti hasil kesudahannya mirip berikut:
- Selanjutnya pilih tombol COLOR PALETTE untuk memasukkan gambar atau memilih tema Form biar tampakmenarik.
- Pilih ikon PREVIEW untuk melihat hasil sementara formulir registrasi online yang anda buat tadi.
- Selanjutnya pilih hidangan SETTING. Jika Formulir anda menginginkan 1 pendaftar hanya untuk 1 orang maka anda beri tanda ceklis Can submit only 1 response (requires login). Namun nantinya pengisi Form mesti login ke akun GMail dahulu supaya mampu mengisi Form anda. Tentunya hal ini akan menyulitkan para akseptor kalau mereka belum mempunyai akun GMail. Jika anda menginginkan pendaftar bisa eksklusif mengisi Form silahkan Hapus tanda ceklis Can submit only 1 response (requires login). Kemudian masukkan pesan eksklusif yang akan timbul di final pengisian FORM. SAVE.
Pengaturan Data Base Formulir
Pilih menu RESPONSES -> Settings -> Select Response Destination -> Create a new Spreadsheet -> CREATE. Tujuannya yakni data pendaftar akan dikumpulkan dalam file Excel.
Langkah terakhir yaitu pilih tombol SEND -> Share by LINK.
Kemudian Shorten URL. Saya sarankan demikian semoga anda mudah untuk membagikan formulir ke sahabat-sobat anda melalui media sosial atau BBM dll. COPY.
Untuk data base para akseptor yang telah mendaftar online maka akan secara otomatis tersimpan kedalam file EXCEL yang terbuat di dalam Google Drive anda.
Jawaban berbentukfile Excel yang mampu anda download.
Dengan cara formulir online seperti ini maka akan lebih efisiensi waktu dan biaya. Selamat mencoba dan semoga berfaedah.
0 Response to "Cara Mudah Menciptakan Formulir Registrasi Online Di Google Docs"
Post a Comment